Memiliki anak merupakan sebuah anugerah, tetapi sudah semestinya, sebagai orangtua, Anda juga merencanakan jarak anak satu dengan yang lainnya. Jarak ideal antar anak ialah empat atau lima tahun.

Menjaga jarak lahir anak merupakan solusi yang tepat untuk membuat keluarga tetap harmonis. Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan anak, ayah, dan ibu jika jarak lahir anak ideal.

Dari sisi anak
Setelah mendapatkan hak ASI selama dua tahun, anak di usia empat atau lima tahun sudah mengerti akan ada anggota keluarga baru. Mereka juga sudah cukup puas mendapatkan kasih sayang dan perhatian penuh dari orangtua sejak lahir. Dengan demikian, kecemburuan sosial pun bisa terminimalisir, bahkan si kakak bisa membantu merawat adiknya.

Dari sisi ayah
Pertama, ayah memiliki waktu lebih banyak untuk bermain dan mencurahkan perhatian, serta kasih sayangnya kepada anak pertama. Selanjutnya, ayah juga mendapatkan waktu lebih banyak untuk mempersiapkan keuangan keluarga yang stabil.

Dari sisi ibu
Jarak empat atau lima tahun merupakan waktu yang tepat untuk kembali hamil dan melahirkan. Hal ini dikarenakan kondisi kesehatan pasca melahirkan, seperti luka jahitan dan kondisi rahim sudah kembali membaik. Manfaat selanjutnya adalah ibu bisa memiliki waktu lebih untuk keluarga, memberikan kasih sayang, dan makanan yang bernutrisi untuk buah hati.

Menjaga jarak lahir anak bisa Anda lakukan dengan memilih kontrasepsi jangka panjang, seperti IUD Andalan atau Implan Andalan. Kedua metode tersebut memiliki efektifitas yang tinggi untuk melindungi dari kehamilan yang tidak terencana. Selain itu, aman untuk digunakan oleh ibu menyusui karena tidak mengganggu produksi dan kualitas ASI serta tidak mengganggu kesuburan.

IUD Andalan merupakan metode kontrasepsi non-hormonal yang bisa dipasang kapan saja, tidak harus sedang haid selama dapat dipastikan tidak dalam keadaan hamil. Setelah pemasangan, cukup lakukan kontrol rutin minimal 1 tahun sekali atau jika ada keluhan. Implan Andalan merupakan kontrasepsi yang hanya mengandung hormon progesteron dan  dipasang di bawah kulit lengan dalam bagian atas.

Kedua alat kontrasepsi ini pun mampu bertahan tiga hingga 10 tahun sejak pemasangan. Dalam pemasangannya, baik KB IUD atau Implan Andalan, dilakukan oleh bidan atau dokter kandungan.

Selain praktis dan mudah dalam penggunaanya, kedua pilihan KB tersebut membuat hubungan suami istri tidak terganggu sehingga tetap nyaman, ya.  Nah, informasi untuk produk kontrasepsi dari Andalan, Anda bisa klik tautan ini.

KONSULTASI