Bolehkah Berkontrasepsi Saat Puasa?

Berpuasa tentu tak menghalangi Anda untuk menggunakan kontrasepsi. Ada beberapa alasan kuat yang memperbolehkan Anda dan pasangan menggunakan kontrasepsi selama berpuasa.

Kontrasepsi dipandang sebagai alat atau metode yang membantu pasangan suami istri menjaga jarak kelahiran antara masing-masing anak. Meski sedang dalam bulan puasa, kontrasepsi pun sebenarnya dapat dipergunakan karena berhubungan dengan kelancaran perencaan keluarga Anda dan pasangan. Jika tidak, ada beberapa risiko yang dapat membebani bahkan membahayakan diri para ibu.

Jarak Kelahiran Terlalu Dekat

Jarak kelahiran yang terlalu dekat tidak baik untuk kesehatan sekaligus keselamatan janin, anak, dan ibu. Usai hamil selama 9 bulan atau lebih lalu melahirkan, ibu membutuhkan waktu beristirahat agar lekas pulih dan fit. Jika hamil kembali, kesehatan ibu bisa jadi menurun. Apalagi masih ada bayi yang butuh perhatian untuk dirawat.

Produksi ASI Berkurang

Produksi ASI akan berkurang ketika ibu kembali hamil ketika masih dalam masa menyusui anak. Anak akan kekurangan asupan ASI sehingga memengaruhi kesehatannya. Jika ingin hamil kembali, menurut saran dokter, minimal dalam kurun waktu 6 bulan usai melahirkan.

Pengaruhi Kualitas Janin

Risiko besar juga turut mengenai janin yang dikandung jika jarak kehamilan terlaku berdekatan dengan usai proses melahirkan. Ada kemungkinan besar anak akan lahir prematur, bayi cacat lahir bahkan meninggal. Tentu Anda dan pasangan tidak ingin hal buruk ini terjadi, kan?

Kontrasepsi Aman Saat Berpuasa

Menggunakan kontrasepsi saat berpuasa sebenarnya dianjurkan dan aman-aman saja karena tidak mengganggu kesehatan tubuh saat puasa. Apalagi kontrasepsi sejalan dengan program pemerintah untuk menyejahterakan penduduk. Jika laju jumlah penduduk semakin meningkat tanpa ada upaya preventif dari tiap keluarga, dikhawatirkan terjadi sesuatu yang menimbulkan dampak negatif seperti ledakan penduduk yang tidak seimbang dengan pertumbuhan ekonomi nasional.

Maka dari itu, kontrasepsi Andalan adalah pilihan tepat untuk mencegah hal yang tak diinginkan tersebut.  Bagi wanita, diperbolehkan menggunakan alat kontrasepsi IUD, pil KB, suntikan KB dan implan. Andalan sudah menyediakan beragam jenis pilihan kontrasepsi sesuai dengan kebutuhan ibu.

Ada IUD Andalan dengan 6 jenis pilihan atau Pil KB Andalan dan Suntikan KB Andalan dengan 4 jenis pilihan. Sementara Impan Andalan hanya ada 1 jenis yang memiliki efektivitas tinggi melindungi Anda dari kehamilan tak terencana.

Bagi laki-laki, dapat menggunakan kondom saat berhubungan intim. Kondom Andalan hadir dengan bentuk yang transparan, terbuat dari bahan latex tipis, tidak berpori, dan beraroma romantis yang memenuhi standar mutu internasional.

Banyaknya pilihan kontrasepsi aman, nyaman, dan praktis dari Andalan mendukung Anda dan pasangan tetap dapat berhubungan saat berpuasa. 

 

KONSULTASI