Hari Bidan Nasional untuk Keluarga Indonesia

Mengapa bidan patut dijadikan peringatan Hari Bidan Nasional tiap 24 Juni? Ada makna penting di balik peran bidan dan perayaan peringatannya yang perlu Anda dan keluarga ketahui.

Bidan bukan lagi profesi asing di era modern seperti saat ini. Mulai dari perkotaan sampai pelosok desa, bidan dapat mudah ditemui baik di puskesmas, klinik, dan rumah sakit. Sebagai salah satu ujung tombak yang berperan langsung melaksanakan program keluarga berencana di setiap daerah, profesi bidan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Diawali dari Konferensi Bidan Pertama di Jakarta pada 24 Juni 1951, lahirlah organisasi profesi bernama Ikatan Badan Indonesia (IBI) yang bersifat nasional serta berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. IBI membantu dan mewadahi segala kebutuhan para bidan yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. IBI juga bertujuan membantu pemerintah dalam pembangunan nasional, terutama untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kehadiran bidan sebagai tenaga profesional kesehatan yang terlatih menjadi peran penting dalam melayani kesehatan para perempuan, mulai dari kalangan remaja hingga dewasa. Tidak semata-mata hanya kesehatan ibu, bidan pun menjadi sosok kepercayaan untuk melayani kesehatan anak dan kesehatan masyarakat secara umum.

Tantangan berat bidan di semua desa untuk mendampingi dan mengedukasi kaum perempuan sepatutnya wajib dihargai dan mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat. Sesuai dengan pengertiannya dalam bahasa Inggris yaitu midwife, bidan inilah yang bisa menjadi pendamping atau mitra perempuan selama masa kehamilan, persalinan, dan nifas. Oleh sebab itu, bidan memiliki tanggung jawab besar dan mulia dalam membangun sekaligus meningkatkan kesehatan seluruh keluarga Indonesia.  

Konsultan Kontrasepsi

Selain bisa memercayakan bidan sebagai tenaga medis di masa kehamilan dan persalinan, Anda bersama pasangan juga dapat menanyakan soal pilihan alat kontrasepsi terbaik untuk mencegah kehamilan tak terencana. Beragam pilihan kontrasepsi yang beredar tentu memiliki kelebihan yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan pasangan.

Seperti yang dikutip detik.com, berkonsultasi ke bidan memberikan keuntungan lebih dalam merencanakan kehamilan. Sosok bidan sebagai perempuan menjadi lebih nyaman untuk berkonsultasi kepada sesama ibu dan profesi bidan yang berada di tengah masyarakat menjadikan bidan sebagai peran yang dekat dan semakin dipercaya masyarakat.

Andalan memiliki produk kontrasepsi yang terbukti efektif dan efisien mewujudkan perencanaan kesejahteraan keluarga Anda. Untuk metode kontrasepsi oral, Anda dapat mengonsumsi Pil KB Andalan FE, Andalan Postpil, Pil KB Andalan Laktasi atau Pil KB Andalan. Jika Anda dan pasangan belum membutuhkan kontrasepsi untuk jangka panjang, gunakan Kondom Andalan yang menjamin kenyamanan dan menambah kenikmatan saat berhubungan.

Soal kontrasepsi jangka panjang, bisa konsultasi kepada bidan dan dokter untuk memilih suntikan KB Andalan, Implan Andalan, atau IUD Andalan selama periode waktu tertentu.

Betapa pentingnya peranan bidan dalam mendampingi kesehatan ibu dan anak, sekaligus dalam membantu mewujudkan keluarga berencana. Sudah sepatutnya kita mengharga jerih payah bidan untuk keluarga Indonesia. Selamat Hari Bidan Nasional!

 

 

 

 

KONSULTASI