Jenis Alat Kontrasepsi Yang Aman Bagi Ibu Menyusui

Rutin memberikan ASI eksklusif setiap hari memang menjadi kontrasepsi alami. Namun, 4 jenis alat kontrasepsi berikut lebih menjamin keamanan ibu dari kehamilan tidak terencana.

alat kontrasepsi aman

Efektifitas ASI eksklusif sebagai kontrasepsi alami untuk melindungi Anda dari kehamilan belum tentu menjamin seutuhnya. Ada hal yang wajib diperhatikan yaitu bayi harus rutin menyusui secara ekslusif pada ibu setiap hari, bayi tidak diberi makanan tambahan apapun, dan ibu belum mendapat haid.

Agar bisa mewujudkan perencanaan keluarga sejahtera, gunakan kontrasepsi yang mampu menjaga dan melindungi Anda dari kehamilan. ASI yang diproduksi dari hormon prolaktin dipengaruhi hormon estrogen. Untuk itu, ibu menyusui tidak disarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi yang mengandung hormon estrogen, karena dapat menekan kadar hormon prolaktin. Akibatnya, produktivitas ASI terhambat atau terhenti sama sekali.

Sebaiknya ibu menyusui menggunakan alat kontrasepsi nonhormonal atau mengandung hormon progesteron saja. 4 jenis alat kontrasepsi ini, IUD, Pil Laktasi, Suntikan 3 bulan dan Implan Andalan menjadi piihan tepat dan aman, tanpa memengaruhi produksi dan kualitas ASI.

Jenis Alat Kontrasepsi

IUD

KB IUD (Intra Uterine Device) adalah kontrasepsi terbaik untuk melindungi Anda dari proses kehamilan dalam jangka panjang hingga 10 tahun yang tidak mengandung hormon apa pun (nonhormonal). IUD cocok digunakan oleh ibu menyusui karena tidak mengandung hormon jenis apapun.

Implan

Implan, sebagai kontrasepsi jangka panjang 3 - 4 tahun, juga menjadi kontrasepsi hormonal yang aman untuk ibu menyusui. Pasalnya, Implan memiliki kandungan hormon progesteron yang aman untuk kualitas menyusui sang ibu.

Pil KB Laktasi

Pil KB ini hanya mengandung hormon progesteron yang berfungsi mencegah pelepasan sel telur. “Mini pil” ini efektif mencegah kehamilan terlebih lagi disertai dengan pemberian ASI eksklusif. Pastikan pula jadwal konsumsi Pil KB Laktasi selalu pada jam yang sama setiap hari untuk memaksimalkan perlindungan.

Suntikan KB 3 Bulan

Ibu menyusui juga dapat memilih metode kontrasepsi Suntikan KB 3 Bulan. Hormon progesteron yang terkandung di dalamnya amat cocok bagi ibu menyusui. Lakukan penyuntikan KB secara rutin tiap 3 bulan agar efektivitas kontrasepsi berfungsi optimal.

Anda tidak perlu bingung dan takut akan penurunan produksi ASI. Kontrasepsi Andalan memiliki semua kebutuhan para ibu, begitu juga dengan empat kontrasepsi untuk ibu menyusui tersebut.  

Segeralah berkonsultasi dengan dokter dan bidan kepercayaan Anda untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai jenis alat kontrasepsi yang sesuai bagi kebutuhan Anda.

 

KONSULTASI