Tahukah Sahabat, setiap tahun ada 80 juta kelahiran di dunia yang terjadi akibat kehamilan tidak dikehendaki? Sungguh, betapa pentingnya penggunaan kontrasepsi demi mewujudukan keluarga berencana seperti misi Kontrasepsi Andalan dalam acara #ThanksToBirthControl.

Sebanyak 80 juta kelahiran dari kehamilan tidak dikehendaki terjadi di dunia setiap tahun. Sayangnya, 40 juta kelahiran itu berakhir dengan aborsi. Data stastik ini makin memprihatinkan karena 16 juta kelahiran tersebut datang dari wanita usia muda (15-19 tahun) yang berisiko tinggi untuk melahirkan.

Bagaimana dengan Indonesia? Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menunjukkan data bahwa ada 4 juta kelahiran terjadi tiap tahun di Indonesia. Jumlah ini bahkan setara dengan penduduk Singapura lho, Sahabat.

Fakta-fakta inilah yang selalu diingatkan kepada kita semua dalam momentum Hari Kontrasepsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 September. Merupakan sebuah peringatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam merancang keluarga berencana, sehingga ke depannya dapat menurunkan angka kehamilan yang tidak diinginkan, menurunkan angka aborsi, menurunkan angka kematian ibu dan anak serta mewujudkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan bagi wanita, anak dan keluarga.

Dalam rangkaian Hari Kontrasepsi Sedunia ini, Kontrasepsi Andalan menggelar acara #ThanksToBirthPlanning yang bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan kontrasepsi. Kenapa begitu penting ya? Karena faktanya penggunaan kontrasepsi dapat memengaruhi penurunan jumlah angka kematian ibu melahirkan dan angka kematian bayi yang baru lahir.

Seperti yang diungkapkan oleh GM Family Planning & Reproductive Health DKT Indonesia, Aditya Anugrah Putra. “Penggunaan kontrasepsi dapat mengurangi 112 juta kasus aborsi, 1,1 juta kasus kematian bayi dan 150 ribu kasus kematian ibu. Penelitian menunjukkan bahwa kontrasepsi merupakan alat investasi kesehatan paling sederhana dalam Keluarga Berencana untuk menyelamatkan kehidupan dan meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak.”

Apa Manfaat Kontrasepsi Bagi Kesehatan Wanita?

Sekalipun kontrasepsi memiliki banyak manfaat, penggunaan kontrasepsi di Indonesia masih mengalami kendala karena banyaknya mitos dan pengertian yang keliru beredar di keluarga Indonesia. Apakah Sahabat juga salah satunya? Nah, sebenarnya, kontrasepsi pun berperan penting dalam kesehatan fisik dan emosional diri wanita.

Tirsa Verani, Sp.OG dari Brawijaya Women & Children Hospital menyatakan, “Kontrasepsi memungkinkan wanita menjadi orangtua yang lebih baik. Pasangan yang telah lebih dulu merencanakan kehamilan bahkan cenderung hidup lebih berbahagia.”

Seiring dengan kemajuan riset dan kebutuhan wanita masa kini, kontrasepsi generasi baru diciptakan dengan memberi nilai lebih. Ada yang memiliki kandungan zat besi, membuat kulit halus serta berbagai manfaat kecantikan lainnya.

Andalan Menghadirkan Tools Kontrasepsi

 

Di hari ini pula, Andalan resmi meluncurkan Tools Kontrasepsi. Apa itu? Yaitu tools yang dapat Sahabat gunakan ketika merencanakan penggunaan kontrasepsi. Latar belakang hadirnya tools ini adalah karena Andalan memahami, bahwa memilih kontrasepsi yang tepat bersifat sangat personal, sehingga banyak yang harus dipertimbangkan.

Atas dasar itu, Tools Kontrasepsi hadir membantu Sahabat menentukan pilihan yang cocok dengan mengajukan beberapa pertanyaan sederhana. Jadi ketika Anda sudah mendapatkan rekomendasi dari tools tersebut, langsung saja datang ke dokter atau bidan untuk melakukan pemasangan  kontrasepsi atau berkonsultasi lebih lanjut.

Melalui program Pilihanku, Kontrasepsi Andalan memiliki misi untuk meningkatkan wawasan penggunaan kontrasepsi masyarakat Indonesia dengan menyediakan kontrasepsi KB IUD yang bermanfaat dalam mengatur jarak kehamilan dalam jangka waktu yang lama.

Mari Sahabat, kita rayakan Hari Kontrasepsi Sedunia dengan ikut mengampanyekan penggunaan alat kontrasepsi di kotamu!

 

 

KONSULTASI