Gaya hidup manusia terus berubah. Begitu pun yang dijalani oleh pasangan suami istri di masa kini. Banyak anak tanpa terencana bukan lagi acuan potret keluarga ideal. Namun memiliki anak dengan perencanaan matang justru menjadi potret keluarga bahagia, karena gaya hidup masa kini yang dituntut semakin lebih praktis dan efisien. Lalu, apa yang dapat Anda dan pasangan lakukan?

Menikmati Waktu Bersama

Waktu bersama keluarga adalah momen yang jangan pernah Anda lupakan. Jadi, selalu lakukan hal-hal yang menyenangkan di sela-sela waktu senggang. Seperti liburan bersama anak, melakukan kegiatan romantis bersama pasangan seperti makan malam berdua atau liburan yang hanya dilakukan berdua saja. Inilah yang sesungguhnya mendatangkan kebahagaian di keluarga.

Bersyukur dan Saling Mendukung

Bersyukur akan selalu membuat Anda lebih menghargai hidup. Termasuk mensyukuri hubungan bersama keluarga. Jangan lupakan juga dukungan untuk pasangan dan anak atas apa yang mereka lakukan, baik dalam hal pekerjaan, sekolah, hobi, atau hal-hal kecil yang mendatangkan kebaikan. Karena keluarga adalah the center of our support system.

Jangan Khawatir Secara Berlebihan

Memikirkan secara berlebihan mengenai seberapa sanggup Anda dan pasangan dalam memberikan kehidupan yang terbaik untuk anak, tidaklah baik. Jangan biarkan ketakutan tersebut menguasai hidup sehingga menghilangkan keharmonisan hubungan suami istri. Cukup hadapi dengan tenang dan bijak. Karena itu, penting sekali untuk membicarakan dengan matang mengenai perencanaan anak tanpa ada rasa khawatir yang berlebihan.

Mengatur Jarak Kehamilan

Merencanakan kehamilan secara matang dapat meningkatkan taraf hidup lebih baik. Karena setelah berkeluarga, akan ada banyak hal yang harus dipikirkan, seperti mempertimbangkan kesehatan, usia, serta mempersiapkan finansial untuk kehidupan anak. Melalui kesepakatan bersama pasangan, rencanakan perencanaan keluarga dengan cara terbaik.

Melalui kampanye “Pilihanku”, DKT Indonesia dengan produk kontrasepsi Andalan bergerak untuk mengedukasi dan mensosialisasikan para pasangan muda untuk melakukan perencanaan keluarga sebagai bagian gaya hidup masa kini dengan menentukan metode kontrasepsi modern. Mengingat hingga saat ini, banyak pasangan suami istri yang memiliki keterbatasan pengetahuan dan minimnya akses atas informasi seputar alat kontrasepsi.

Inilah saatnya untuk Anda dan pasangan memahami apa saja alat kontrasepsi modern yang memahami kebutuhan yang lebih praktis dan efektif. Kontrasepsi modern tersebut adalah Pil KB, Suntik, IUD, Implan, dan kondom. Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

IUD ( IntraUterine Contraceptive Device )

Alat kontrasepsi yang dipasang di dalam rahim, tanpa hormon, dan tidak mengganggu kesabaran. Efektif untuk jangka panjang, ataupun untuk menjaga jarak kelahiran. Cocok untuk ibu menyusui.

Implan

Dipasang di bawah kulit lengan atas yang tidak mengganggu aktivitas harian. Mengandung hormon progesteron yang tidak memengaruhi produk dan kualitas ASI.

Pil KB Kombinasi

Mengandung hormon progresteron dan estrogen seperti yang terkandung di dalam tubuh perempuan, sehingga aman digunakan. Selain efektif mencegah kehamilan. Pil KB dapat membantu menjaga siklus bulanan tetap teratur.

Suntik

Tersedia dalam bentuk satu dan tiga bulanan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Pengguna metode ini mengharuskan Anda rutin datang ke bidan untuk disuntik ulang sesuai jadwal. Bila digunakan secara teratur, metode ini sangat efektif mencegah kehamilan.

Kondom

Terbuat dari bahan lateks alami yang aman bisa digunakan sesuai anjuran. Saat ini, kondom tersedia dalam berbagai pilihan aroma dan bentuk yang dapat meningkatkan romantisme dengan pasangan.

Bagaimana dengan pilihan Anda? Apapun kontrasepsi yang Anda pilih merupakan salah satu sumber keharmonisan dan kebahagiaan keluarga. Semua keluarga berhak bahagia, begitu juga Anda dan keluarga.

KONSULTASI