4 Posisi Menyusui yang Benar dan Nyaman

Kali pertama menyusui bayi tentu Anda mengalami ketidaknyamanan karena belum terbiasa. Untuk membantu para ibu menyusui, coba 4 posisi menyusui yang benar berikut ini sampai Anda bersama buah hati merasakan kenyamanan.

Faktanya, menyusui bukanlah proses yang terjadi secara naluriah. Butuh latihan terus-menerus untuk mendekap dan mengarahkan bayi dengan posisi menyusui yang benar-benar membuat Anda berdua merasa nyaman.

Kesabaran Anda pun harus dilatih, karena Anda akan melewati proses menyusui bersama anak setiap hari. Tenang, kesabaran serta usaha Anda pasti takkan sia-sia bila mengikuti 4 posisi menyusui yang benar di bawah ini.

Posisi Mendekap (Cradle Hold)

Posisi ini paling umum dilakukan semua ibu. Letakkan kepala bayi dalam dekapan lengan Anda menuju payudara di arah yang sama. Posisikan wajah dan seluruh tubuhnya menghadap diri Anda. Pastikan pula tubuh Anda bersandar tegak dan rileks. Tambahkan pula bantalan empuk di punggung atau lengan Anda agar merasa lebih nyaman.

Posisi Mendekap Silang (Cross Cradle Hold)

Hampir mirip dengan posisi mendekap. Bedanya, satu lengan membantu mengangkat kepala bayi ke arah payudara yang berlawanan. Misal, lengan kiri Anda membantu kepala dan tubuh bayi menghadap payudara kanan. Posisi menyusui ini cocok dilakukan oleh ibu yang memiliki puting payudara kecil atau bayi prematur.

Posisi Pencengkeram (Football Hold)

Seperti memegang bola atau tas tangan, posisikan bayi di bawah lengan menghadap payudara Anda. Biarkan kaki dan tubuh bayi terselip di bawah lengan Anda. Agar lebih nyaman, taruhlah bantal untuk menopang badan bayi.

Inilah posisi terbaik bagi ibu yang melahirkan secara caesar karena tubuh bayi tidak menekan perut ibu. Ibu dengan payudara besar pun amat disarakan mencoba posisi pencengkeram.

Jika Anda dikaruniai bayi kembar, Anda memang bisa memilih untuk menyusui secara berpisah. Namun, Anda juga bisa mencoba posisi pencengkeram secara bersamaan. Dekaplah masing-masih bayi di bawah lengan Anda lalu arahkan pada kedua payudara Anda. Proses menyusui pun bisa berlangsung lebih cepat.

Posisi Berbaring (Lying Position)

Menyusui dengan posisi berbaring amat membantu tubuh Anda lebih rileks saat sedang kelelahan atau ingin tidur lebih lama di malam hari. Caranya, baringkan bayi dengan tubuh menghadap payudara Anda. Satu lengan Anda bisa membantu menopang kepala dan tubuh bayi atau gunakan bantal untuk menyanggah tubuh bayi. Agar tidak pegal, letakkan pula bantal di bawah kepala Anda.

Kenyamanan Anda selama menyusui juga perlu disertai keamanan dari kehamilan tidak terencana. Gunakanlah kontrasepsi aman yang tidak memengaruhi produksi dan kualitas ASI. Andalan memiliki beragam pilihan kontrasepsi, namun yang aman untuk ibu menyusui yaitu IUD, Implan, Suntikan KB 3 Bulan dan Pil KB Laktasi. Andalan memang memiliki segala kebutuhan para ibu, termasuk untuk ibu menyusui.

Untuk info lebih lanjut, lakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter dan bidan kepercayaan keluarga Anda.

 

KONSULTASI