Pil KB telah terbukti efektif 99% melindungi diri dari kehamilan tidak terencana. Tapi, tahukah Sahabat, Pil KB perlu dikonsumsi dengan benar agar cara kerja perlindungannya lebih optimal?

Tidak sama seperti vitamin yang bisa diminum kapan saja, pil KB tidak bisa dikonsumsi sembarang waktu. Jika perlu, sebaiknya Sahabat membuat jadwal atau pengingat (self reminder) seperti alarm agar terbiasa meminum pil KB.

Terlewatkan satu hari saja, Sahabat bisa jadi lupa minum Pil KB terus-terusan lho. Rencana untuk mencegah atau menunda kehamilan pun akhirnya bisa gagal ditengah proses. Sahabat tentu tidak mau, kan? Supaya hal itu tidak terjadi, cari tahu dulu cara minum pil KB yang tepat sesuai pilihan produk pil KB Andalan favoritmu, ya!

Kenali Pil KB Andalan

Pil KB terbagi menjadi dua jenis yaitu pil KB kombinasi (progesteron dan estrogen) dan pil KB yang hanya mengandung progesteron saja. 

Untuk kemasan, ada satu blister berisi 21 pil dan 28 pil. Keduanya sama-sama efektif hingga 99% dalam memberikan perlindungan. Pada 21 pil, kandungannya hanya berisikan hormon. Sementara itu, untuk 28 pil terdiri dari 21 pil mengandung hormon dan 7 pil bahan tak aktif (plasebo) yang berisikan tepung dan sebagainya yang berfungsi membantu Sahabat untuk tetap ingat minum pil saat menstruasi.

Lantas bagaimana cara minum pil KB yang benar? Pada kemasan berisi 21 pil, minumlah pil KB setiap hari sampai habis di waktu yang sama. Setelah itu, berikanlah jeda 7 hari untuk tidak meminum pil KB saat menstruasi. Kemudian, lanjutkan konsumsi pil KB kembali.

Berbeda dengan kemasan berisi 28 tablet, Sahabat perlu meminumnya hingga habis. Tidak boleh ada jeda saat kembali mengonsumsi blister pil KB yang baru. Pil plasebo yang tidak berisi hormon, diminum saat menstruasi.

Andalan sendiri memiliki empat jenis produk pil KB unggulan yang mampu mewujudkan perencanaan keluarga Sahabat yang lebih sejahtera dan bahagia!

Pil KB Andalan

Ini dia sahabat pilihan wanita Indonesia yang termasuk kedalam tipe pil KB kombinasi (estrogen dan progesteron). Cukup diminum sekali setiap harinya dan di waktu yang sama dapat memberikan perlindungan maksimal. Manfaat lainnya, Pil KB Andalan membantu menjaga siklus menstruasi teratur, mengurangi nyeri saat menstruasi dan menjaga kesehatan kulit.

Pil KB Andalan Laktasi

Ibu menyusui juga bisa mengonsumsi pil KB, lho! Andalan Laktasi sangat efektif dan tidak mengganggu produksi serta kualitas ASI karena hanya mengandung hormon progesteron. Selain itu, Pil KB Andalan Laktasi dapat dijadikan solusi bagi perempuan yang memiliki siklus menstruasi panjang dan banyak karena dapat membantu mengurangi hal tersebut. Kesuburan juga dapat kembali segera setelah konsumsi pil dihentikan.

Pil KB Andalan FE

Sahabat yang selalu aktif berkegiatan bisa menjadikan PIl KB Andalan FE sebagai pilihan terbaik untuk digunakan. Manfaat ganda yang ditawarkan yaitu selain efektif mencegah kehamilan yang tidak terencana, pil KB Andalan FE dengan kandungan zat besi pada pil plasebo mampu membantu mengatasi gejala anemia saat menstruasi.

Awas, Lupa Minum Pil KB! 

Ketika sudah memutuskan untuk menggunakan metode Pil KB, Sahabat harus komitmen untuk rutin minum satu pil KB setiap hari dan di waktu yang sama untuk perlindungan lebih maksimal.

Bagaimana jika Sahabat lupa minum pil KB? Ada solusinya kok. Jika Sahabat lupa minum satu pil kurang dari 12 jam, Sahabat harus segera minum pil yang terlupa lalu lanjutkan minum pil selanjutnya. Nah, jika lupa minum satu pil lebih dari 12 jam, segeralah minum pil KB yang terlupa dan lanjutkan minum pil KB berikutnya walau waktunya berdekatan.

Lupa minum sampai dua pil? Masih ada solusinya, Sahabat. Caranya, minumlah dua pil yang terlupa sekaligus lalu minum dua pil berikutnya di keesokan hari.

Nah, bagaimana bila Sahabat lupa minum tiga pil atau lebih? Itu berarti manfaat pil KB sudah tidak efektif. Mulailah kembali mengonsumsi pil KB saat menstruasi berikutnya. Sampai menstruasi tiba, gunakan kondom atau minum Andalan Postpil.

Sesuai namanya, Andalan Postpil memang ditujukan sebagai perlindungan yang efektif melindungi hingga 99% disaat darurat. Misalnya, ketika kondom yang digunakan bocor, lupa minum pil KB dan atau melewatkan jadwal suntik.

Cara kerja Andalan Postpil yaitu mencegah adanya pertemuan sperma dan sel telur. Cukup diminum dua pil sekaligus segera setelah berhubungan tanpa perlindungan alat kontrasepsi dan tidak lebih dari lima hari atau 120 jam. Semakin cepat diminum, maka semakin tinggi tingkat efektivitasnya.

Andalan selalu menyediakan produk kontrasepsi terbaik yang melindungi diri Anda dari kehamilan tidak terencana. Efektifivitas pil KB hanya akan bekerja optimal bila Sahabat meminumnya sesuai aturan. Bila Sahabat sudah siap hamil kembali, hentikan konsumsi pil KB dan tubuh pun akan kembali subur lebih cepat.

Setelah tahu dan paham cara minum pil KB, lantas Sahabat bisa mendapatkan pil KB dari mana? Temukan saja sekarang di apotek, melalui dokter dan bidan. Ingat, selalu konsultasikan perencanaan kehamilan dan penggunaan kontrasepsi dengan dokter dan bidan kepercayaan Anda ya!

KONSULTASI